Membedah Ajaran Sufi " Tasauf".

 

pict google
Tasauf, sufi atau sufisme, adalah segerombolan kata yang memiliki keterkaitan yang begitu erat. Ajaran sufi identik dengan kesempurnaan, dengan sebuah perinsip bahwa manusia adalah mahluk yang sempurna. 
Disinilah letak ajaran sufisme. Sepengethuan saya orang sufi jika berjikir mengingat sang gusti tidak tangung-tanggung sampaii ribuan bahkan ratusan sekali selesai shalat. Ada beberapa model jikir yang diterapkan, ada jikir sir, lisan dan hati, ini juga memiliki tingkatannya masing-masing. 
Dalam ajaran sufisme dikenal 4 tahap dalam menuju singgasana Ilahi apa saja itu ? 

1. Syareat. 

ini berkisar tentang amal perbuatan sehari-hari, seperti shalat, puasa, zakat dsb. Pemahaman sufi sangat menganjurkan menyempurnakan langkah yang pertama ini sebelum menuju langkah selanjutnya. 

2.Tarekat 

merupakan pengilmuan dari syareta, orang yang berada dalam ajaran sufi atau penganut sufisme akan memulai langkah ini setelah ia benar-benar yakin syareta dalam dirinya sudah mantap. Tarekat ini kalau diartikan merupakan sebuah pemahaman, mengapa kita harus shalat, puasa, dan naik haji. Jika tidak memahaminya maka percuma. 

3. Hakekat 

Hakekat berarti masuk pada tahap implementasi total. Sudah tidak mementingkan teori namun lebih merajuk pada perbuatan. Jika rajin shalat maka perbuatanya harus sesuai dengan perintah shalat, jika belum bisa maka jangan harap mencapai ridho Tuhan, beginilah kurang lebihnya pemahaman sufisme. 

4. Ma'rifat, 

Ma'rifattullah ini adalah tingkatan yang terakhir, dimana unsur duniawi muluai terkubur dalam batu nisan yang bertuliskan kehampaan dan keheningan. Mulai berkhalawat akan keniscayaan pertemuan jahir dengan sang pencipta. 
Jika disimpulkan, sebenarnya empat tingkatan ini saling berkaitan satu dengan yang lainya, jika syareta jalan namun hakekat tidak, maka percuma dan sebaliknya. Memang ajaran sufi alias Tasauf ini rada-rada susah penuh dengan dilematis dan pertentangan jiwa. Biasanya orang yang bergelut dan menyempurnakan ajaran ini cendrung di cemooh di lingkunganya, dianggap kurang memiliki jiwa sosial, namun kembali setiap manusia hidup dengan pilihanya. 
sekian... 
salam...
Membedah Ajaran Sufi " Tasauf". Daniar Murdi pict google Tasauf, sufi atau sufisme , adalah segerombolan kata yang memiliki keterkaitan yang begitu erat. Ajaran sufi identik denga...